Memantau Saturasi Oksigen Demi Kehidupan Lebih Baik

memantau saturasi oksigen

Memantau saturasi oksigen dalam darah adalah salah satu langkah penting untuk menilai serta menjaga kinerja paru-paru dalam mengambil oksigen dari udara, untuk kemudian dialirkan ke seluruh tubuh melalui aliran darah.

Saturasi oksigen (SpO2) sederhananya adalah ukuran persentase oksigen yang melekat pada hemoglobin dalam darah. Nilai persentase normal saturasi oksigen pada tubuh manusia adalah di angka 95% sampai dengan 100%.

Jika nilai saturasi oksigen berada di bawah 90%, besar kemungkinan seseorang mengalami masalah gangguan pernapasan, masalah fungsi jantung atau gangguan kesehatan lainnya. Kondisi ini dapat menjadi masalah yang serius apabila tidak cepat mendapatkan penangan medis.

Penyebab rendahnya nilai saturasi oksigen pada tubuh adalah adanya gangguan pada sirkulasi dalam tubuh, anemia, gangguan pernapasan seperti penyakit obstruktif knonis (PPOK), kekurangan hemoglibin dalam darah yang kemudian dapat menyebabkan kehilangan kesadaran.

Untuk itu perlu memantau saturasi oksigen secara teratur, guna mendeteksi secara dini kemungkinan adanya masalah pada sistem pernapasan dan sirkulasi yang mungkin tidak dapat dirasakan dan disadari secara fisik oleh tubuh.

Dalam upaya memantau saturasi oksigen pada tubuh dapat menggunakan alat kesehatan yang bernama Oximeter. Oximeter adalah alat kesehatan yang digunakan untuk mengukur saturasi oksigen non-invasif dengan hasil yang cepat.

Non-invasif merupakan istilah prosedur medis yang tidak memerlukan penggunaan alat untuk masuk ke dalam tubuh atau pembedahan dalam melakukan diagnosis atau perawatan. Pengecekan menggunakan oximeter dapat dilakukan pada jari atau telinga pasien.

Cara Kerja Oximeter dalam Memantau Saturasi Oksigen

Cara kerja oximeter dalam upaya memantau saturasi oksigen adalah dengan menggunakan prinsip absorpsi cahaya oleh hemoglobin yang mengikat oksigen dalam darah. Oximeter menggunakan sumber cahaya LED yang berupa cahaya merah dan inframerah yang terdapat di salah satu sisi oximeter. Cahaya yang dihasilkan kemudian akan dipancarkan melalui jaringan transparan pada ujung jari atau telinga.

Di sisi lainnya terdapat fotodetektor yang bertugas untuk menerima cahaya yang telah dipancarkan dan mengukur intensitas cahaya yang dipancarkan. Selanjutnya intensitas cahaya yang dipancarkan akan menunjukkan nilai saturasi oksigen dalam darah menggunakan algoritma yang telah diprogramkan.

Panduan Penggunaan Oximeter untuk Memantau Saturasi Oksigen

Gunakan oximeter yang dapat beroperasi secara prima dan layak digunakan. Pastikan perangkat tidak memiliki noda pada bagian sensor yang dapat mengganggu proses pengukuran. Bersihkan area jari atau telinga yang akan digunakan serta pastikan dalam kondisi kering.

Tempatkan sensor perangkat pada area yang akan digunakan dengan erat dan pada saat menggunakannya pasien harus dalam kondisi tenang, agar data pengukuran dapat menunjukkan hasil yang sesuai. Hidupkan perangkat dan tunggu alat bekerja untuk beberapa saat. Setelah perangkat mendapatkan hasil pengukuran, datanya akan ditampilkan pada layar dalam bentuk persentase.

Jika nilai pengukuran menunjukkan angka di bawah 90%, maka memungkinkan pasien memiliki masalah pernapasan atau sirkulasi dalam tubuh yang memerlukan penanganan medis secara cepat. Segera kunjungi dan konsultasikan pada tenaga medis untuk mendapatkan evaluasi kesehatan secara tepat dan rekomendasi penanganan lebih lanjut.

Adapun tips untuk meningkatkan saturasi oksigen dalam tubuh adalah dengan melakukan latihan pernapasan, seperti pernapasan diafragma yang dapat membantu meningkatkan kembali kapasitas paru-paru. Kemudian berolahraga secara teratur guna memperbaiki kesehatan jantung serta hindari paparan polusi atau asap rokok yang dapat mengganggu fungsi sistem pernapasan.

Perlu juga mendapatkan tidur yang cukup dan berkulitas, agar dapat membantu memulihkan dan mempertahankan keseimbangan oksigen dalam darah serta mengkonsumsi makanan yang sehat. Hindari mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh dan nilai gula yang berlebih, guna meningkatkan dan membantu proses pemulihan lebih maksimal.

Rental Medis Menawarkan Solusi Ideal dalam Upaya Memantau Saturasi Oksigen

Rental Medis menyediakan penyewaan berbagai alat kesehatan dengan biaya yang terjangkau dan durasi sewa yang fleksibel. Kami menyediakan penyewaan alat bantu jalan, kursi roda, ranjang pasien dan alat kesehatan lainnya seperti oximeter.

Guna memberikan pelayanan yang optimal kepada pelanggan, kami menyediakan layanan Customer Service yang dapat dihubungi untuk memenuhi segala jawaban dari semua pertanyaan Anda. Tak hanya itu, kami juga memiliki tenaga teknis yang akan selalu siap untuk menjaga dan memastikan alat sewa berfungsi dengan normal serta prima.

Anda tidak perlu ragu atau khawatir menyewa alat kesehatan di Rental Medis, karena semua alat kesehatan yang kami tawarkan memiliki kualitas yang baik serta telah dibersihkan sebelum dan sesudah di sewa oleh pelanggan.

Menyewa alat medis di Rental Medis, kenyamanan dan kemandirian tidak pernah semudah ini.

Artikel Menarik Lainnya